NASA Says Mars Exploration Missions Via Video

Kabar terbaru datang dari misi ekspedisi The National Aeronautics and Space Administration (NASA) ke planet Mars baru-baru ini.

Dikabarkan, kendaraan robot rover Opportunity milik NASA telah merilis rekaman video kompilasi penjelajahan planet Mars pada yang dimulai dari tahun 2004 sampai saat ini.

Menurut informasi yang dilansir laman PC Authority, Minggu (12/7/2015), rekaman video tersebut dirilis untuk mengenang kembali dan membuat kilas balik perjalanan robot rover Opportunity di Mars.

Video yang di-upload di channel YouTube NASA Jet Propulsion Laboratory pada 2 Juli 2015 tersebut pun telah ditonton oleh lebih dari 500 ribu viewers di YouTube.

NASA memprogram Opportunity untuk dapat mengumpulkan dan mendeteksi bebatuan serta tanah pada sepanjang perjalanannya di Mars. NASA berharap, data-data serta bukti otentik yang diperoleh Opportunity bisa mengungkap keberadaan air serta adanya kehidupan di planet tersebut.

Pada awalnya, misi Opportunity hanya direncanakan selama 92 hari. Tetapi, durasi misi ekspedisi tersebut hingga saat ini diperpanjang hingga 4.181 hari.

Kendaraan robot dengan enam buah roda penggerak tersebut diluncurkan sejak 7 Juli 2003, dan memiliki tinggi 1,5 meter, lebar 2,3 meter, serta panjang 1,5 meter. Opportunity dikabarkan telah menempuh perjalanan sejauh 42,2 kilometer di planet merah tersebut.

Robot dengan bobot 180 kilogram itu juga didukung dengan solar panel yang dapat menghasilkan energi listrik 140 watt untuk beroperasi selama empat jam per hari. Opportunity bisa melaju dengan kecepatan hingga 5 sentimeter per detik.

Namun, rata-rata kecepatannya yang terukur adalah 1 sentimeter per detik.

Penasaran seperti apa penampakan eksplorasi planet Mars yang telah dilakukan Opportunity? Simak videonya berikut ini:

Postingan populer dari blog ini

Libra, The Latest Smartphone Xiaomi?

Siapa khawatir tentang Android Offline petualangan permainan

Download Android Games Apk Free Data